Layanan Sosial Kesehatan dan kematian (Ambulance Siaga)



STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP)
Pelayanan Ambulance DKM Almujahidin YBTMA TMI Komp.Tanimulya Indah
- STANDAR OPERASIONAL
- Pelayanan Ambulance
Pelayanan Ambulance DKM Almujahidin YBTMA TMI bagi warga Tanimulya Indah bersifat sukarela dengan kriteria sbb :
- Pelayanan berjarak sampai dengan 40 KM yang meliputi wilayah sekitar Kab.Bandung Barat, Kotip Cimahi dan Kota Bandung.
- Untuk pelayanan di luar jangkauan jarak atau area tersebut di kenakan biaya Ambulance luar kota yang rinciannya tercantum padaTabel Biaya Operasional Ambulance . (tabel terlampir)
- Ruang lingkup pelayanan
Pelayanan Ambulance DKM Almujahidin YBTMA TMI komplek Tanimulya Indah meliputi kegiatan sbb :
- Pengantaran Jenazah ,
- Antar Jemput Pasien Sakit,
- Tanggap Darurat Bencana Alam ,
- Kegiatan yang bersifat Sosial lainnya,
- Kegiatan kerjasama dengan EO
- Biaya Operasional
Untuk menunjang kegiatan operasional ambulance dalam pelaksanaan pelayaan kepada warga , merujuk point 1a, 2a ,2b ,dan 2d di atas tidak menutup kemungkinan ada warga yang akan memberikan infak atau donasinya, untuk hal tersebut di atas infak bisa dimasukan ke kotak infak yang tempatnya disimpan di belakang dalam mobil atau donasi melalui Bank BJB No.Rek.01346876991001 a/n Divisi Rumah Berdaya dengan menambahkan keterangan “Untuk Donasi Ambulance“.
- Tugas dan Tanggung Jawab
Ketua YBTMA Tanimulya Indah melalui Surat Tugas Nomor : 10/ST/YBTMA-03-01/VIII/2024 menugaskan Divisi Asset YBTMA dan Divisi Rumah Berdaya YBTMA sebagai Penanggung Jawab Pemeliharaan dan Koordinator Operasional Ambulance untuk melaksanakan tugas sebagai Tim pengelola ambulance DKM Almujahidin YBTMA. (surat tugas terlampir)
- STANDAR PROSEDUR
Petunjuk dan Pelaksanaan Pelayanan Ambulance
- Koordinator Ambulance yang ditunjuk sesuai surat tugas terlampir harus merespon dan memberikan kepastian secara cepat bagi shohibul musibah yang meminta jasa pelayanan atas kesanggupan pemberian pelayanannya.
- Ambulance di pastikan siap untuk di operasikan berikut perlengkapannya saat akan digunakan.
- Pelayanan Operasional Ambulance harus mematuhi Procedure “ KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) “ sesuai dengan standard umum yang berlaku diantaranya :
- Petugas Ambulance pernah mengikuti Pelatihan Defensive Driver Training (DDT) untuk Ambulance dan mempunyai surat izin mengemudi yang masih berlaku
- Petugas Ambulance secara fisik dan mental harus melakukan upaya preventive dalam menjaga kesehatan seperti mengkonsumsi Vitamin, Olahraga rutin dan tidak dalam pengaruh obat obatan terlarang
- Dapat mengemudi dibawah Tekanan dan bersikap Toleran terhadap pengemudi lain, serta berupaya menjaga keutuhan konvoi pengikut / Pengantar Jenazah
- Kecepatan Maximum Penggunaan Mobil Ambulance baik di jalan raya maupun di TOLL serta penggunaan Lampu Strobo dan Sirine harus mengikuti Peraturan Pemerintah yang berlaku
- Penyediaan Hand sanitizer di Mobil Ambulance
- Mencuci dan melakukan Disinpectan perlengkapan kerja dan mobil Ambulance secara berkala paska pelayanan
- Petugas Operasional Ambulance wajib menjaga Adab yang baik dalam melakukan pelayanan dilapangan sebagai bagian dari Etika muamalah , hal hal yang perlu diperhatikan antara lain , bertutur kata yang baik dan memberi salam kepada sohibul musibah atau warga sekitar
- Petugas Operational Ambulance dilarang menerima imbalan atas Jasa pelayanan dari Shohibul Musibah, bagi muhsinin yang berkenan memberikan Infaq untuk membantu pendanaan kegiatan operational / perawatan , dan pelayanan Ambulance di himbau untuk memasukannya ke kotak infak yang tersedia atau mentransfer ke Bank BJB No.Rek. 01346876991001 a/n Divisi Rumah Berdaya dengan memberikan keterangan untuk Donasi Ambulance
- Penyelesaian dan paska Pelayanan
- Memastikan unit kendaraan Kembali dalam keadaan Baik , petugas Ambulance harus mengisi Log Book dan lembar berita acara Pelayanan
- Memastikan Unit Ambulance dalam kondisi siap digunakan untuk pelayanan berikut nya
- Perawatan Ambulance
-
- Perawatan Mesin dilakukan sesuai dengan petunjuk Dealer (Ganti Oli, Tune Up, dll) yang dilakukan secara periodik dibawah tanggung jawab Divisi Asset dan Divisi Rumah Berdaya
- Perawatan Harian yang harus dilakukan
- Melakukan pembersihan dan mencuci Ambulance secara periodik atau setelah selesai pemakaian
- Memanaskan Mesin atau Menjalankan Ambulance untuk Charge Accu , cek level air Accu, air Whiper dan air Radiator
- Permintaan Pelayanan dan Koordinasi pemakaian Ambulance dapat menghubungi
- Bpk. Soesiawan HP. 0878 8451 6848
- Bpk. Herry Moenarko Hp. 0819 0812 3389
FLOW CHART MEKANISME KOORDINASI DAN PELAYANAN AMBULANCE
- INTERNAL EMERGENCY (PRIORITAS 1)

- EXTERNAL EMERGENCY (PRIORITAS 2)

- TANGGAP DARURAT BENCANA ALAM (PRIORITAS 3)

- EVENT DAN KEGIATAN SOSIAL (PRIORITAS 4)

TABEL
TARIP SEWA AMBULANCE DARI CIMAHI TUJUAN KE LUAR KOTA
INCLUDE SOPIR DAN ALAT KESEHATAN STANDAR BLM TERMASUK BIAYA TOLL DAN BAHAN BAKAR
TARIP AMBULANCE ASAL CIMAHI | |||||||
NO. | ASAL | TUJUAN | JARAK TEMPUH (KM) | WAKTU TEMPUH (JAM) | UNTUK WARGA TMI (RP) | UNTUK WARGA DI LUAR TMI (RP) | KETERANGAN |
1 | CIMAHI | BANJAR | 161 | 4 j 9 mnt | 966.000 | PROV.JABAR | |
2 | CIMAHI | BEKASI | 120 | 2 j 27 mnt | 720.000 | SDA | |
3 | CIMAHI | BOGOR | 160 | 2 j 54 mnt | 960.000 | SDA | |
4 | CIMAHI | CIAMIS | 137 | 3 j 35 mnt | 822.000 | SDA | |
5 | CIMAHI | CIANJUR | 50 | 1 j 49 mnt | 300.000 | SDA | |
6 | CIMAHI | CIREBON | 154 | 2 j 20 mnt | 924.000 | SDA | |
7 | CIMAHI | DEPOK | 150 | 2 j 25 mnt | 900.000 | SDA | |
8 | CIMAHI | GARUT | 82 | 2 j 15 mnt | 492.000 | SDA | |
9 | CIMAHI | INDRAMAYU | 160 | 2 j 50 mnt | 960.000 | SDA | |
10 | CIMAHI | KARAWANG | 80 | 1 j 25 mnt | 480.000 | SDA | |
11 | CIMAHI | KUNINGAN | 181 | 3 j 2 mnt | 1.086.000 | SDA | |
12 | CIMAHI | MAJALENGKA | 121 | 2 j 10 mnt | 726.000 | SDA | |
13 | CIMAHI | PANGANDARAN | 208 | 5 j 30 mnt | 1.248.000 | SDA | |
14 | CIMAHI | PURWAKARTA | 46 | 55 mnt | 276.000 | SDA | |
15 | CIMAHI | SUMEDANG | 75 | 1 j 20 mnt | 450.000 | SDA | |
16 | CIMAHI | SUBANG | 63 | 2 j 10 mnt | 378.000 | SDA | |
17 | CIMAHI | SUKABUMI | 85 | 2 j 55 mnt | 510.000 | SDA | |
18 | CIMAHI | TASIK | 131 | 3 J 30 mnt | 786.000 | SDA | |
19 | CIMAHI | JAKARTA | 140 | 2 J 20 mnt | 840.000 | DKI JAKARTA | |
20 | CIMAHI | CILEGON | 244 | 4 j 7 mnt | 1.404.000 | PROV. BANTEN | |
21 | CIMAHI | LEBAK | 282 | 5 j 10 mnt | 1.638.000 | SDA | |
22 | CIMAHI | PANDEGLANG | 250 | 4 j 10 mnt | 1.500.000 | SDA | |
23 | CIMAHI | SERANG | 219 | 3 j 45 mnt | 1.314.000 | SDA | |
24 | CIMAHI | TANGERANG | 175 | 2 j 45 mnt | 1.050.000 | SDA | |
25 | CIMAHI | JOGJAKARTA | 511 | 7 j 3 mnt | 3.066.000 | JAWA TENGAH | |
26 | CIMAHI | PURWOKERTO | 293 | 5 j 32 mnt | 1.758.000 | SDA | |
27 | CIMAHI | SOLO | 473 | 6 j 17 mnt | 2.838.000 | SDA | |
Ref. PERDA Kota Bandung N0.3 Tahun 2010 Tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan
Tanimulya, Oktober 2024
Ketua YBTMA

H. Heris Hendriana
Kadiv ASSET

Soesiawan
Kadiv RB

Hadi Winarto